Rabu, 20 Juni 2012

TUGAS KELOMPOK ANICK


TUGAS KELOMPOK
PEMBELAJARAN SASTRA ANAK LINTAS KURIKULUM

Disusun oleh:
Kelompok 4,
Kelas 6 A PGSD S1

1.    HARIANI
2.    INDRIANA
3.    SULASTRI
4.    IRMA
5.    FITRIANTI
6.    NURUL HIKMAH SYAMSUL


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012



SOAL JAWAB

SOAL :
1.        Tuliskan pengertian puisi anak !
2.        Tuliskan hakikat dan karakteristik puisi anak !
3.        Apa yang dimaksud pembacaan puisi sebagai kegiatan reseptif dan produktif ?
4.        Menurut anda, apa perbedaan antara puisi dewasa, puisi remaja, dan puisi anak ?
5.        Tuliskan ciri-ciri puisi anak !
JAWABAN :
1.        Pengertian puisi anak adalah puisi yang ditulis untuk anak dengan bahasa lugas dan mudah dipahami anak yang isi dan bahasanya mencerminkan corak kehidupan dan kepribadian anak serta akrab dengan dunia anak-anak.

2.        Hakikat dan karakteristik puisi anak adalah puisi anak umumnya masih menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, kata-kata itu juga dirangkai masih seperti struktur asli kalimat.

3.        Membaca puisi disebut sebagai kegiatan reseptif bila pembaca bermaksud memahami makna dan menikmati keindahan sebuah puisi untuk dirinya sendiri. Sebaliknya, kegiatan membaca puisi disebut sebagai kegiatan produktif bila pembaca mencoba untuk mengkomunikasikan isi puisi (yang dibaca) kepada sejumlah penikmat yang sebagian besar tidak atau belum akrab dengan puisi tersebut.

4.        Perbedaan antara puisi dewasa, puisi remaja, dan puisi anak adalah puisi anak adalah puisi yang mengacu kepada dunia anak yang berisi tentang kehidupan yang dekat dengan anak seperti dunia bermain, imajinasi yang disesuaikan dengan tingkat pemikiran mereka yang masih sederhana dan bahasa yang digunakan adalah biasanya sederhana dan tidak rumit. Sedangkan puisi remaja dan dewasa hampir sama karena isinya berisi tentang kehidupan yang lebih luas misalnya dunia kerja, dunia kuliah, bahkan dunia malam, karena rasanya tidak etis jika puisi anak berisi tentang kehidupan malam disamping itu bahasa yang digunakan dalam puisi remaja maupun dewasa adalah lazim memakai banyak istilah jika diperlukan yang memperkuat kesan cerita.
5.        Ciri-ciri puisi anak adalah :
ü  Puisi anak adalah puisi yang berisi kegembiraan.
ü  Mengutamakan bunyi bahasa dan membangkitkan semangat bermain bahasa.
ü  Harus berupaya memperbaiki ketajaman imajinasi visual dan kata yang dipergunakan mengmbangkan imajinasi, dan melihat serta mendengar kata-kata dalam cara baru.
ü  Menyajikan cerita sederhana dan memperkenalkan tindakan sehari-hari.
ü  Ditulis berdasarkan pengalaman anak.
ü  Berbentuk informasi sederhana yang membuat anak dapat menafsir dan menangkap sesuatu dari puisi itu.
ü  Tema puisi harus menyenangkan anak-anak, menyatakan sesuatu kepada anak, menggelitik egonya, mengingat kebahagiaan, menyentuh kejenakaan dan membangkitkan semangat pribadi anak-anak.
ü  Dapat dibaca anak-anak dan mudah dimengerti.








NB KURANG DAN LEBIH MOHON DIMAAFKAN,,,KRN AQ JG G TERLALU PINTAR HAHAHAH



Tidak ada komentar:

Posting Komentar