Rabu, 11 Juli 2012

perbedaan novel dan cerpen


PERBEDAAN CERPEN DAN NOVEL
  1. Dalam novel terjadi konflik batin, sedangkan dalam cerpen tidak harus terjadi.
  2. Dalam novel, perwatakan digambarkan secara detail, sedangkan dalam cerpen, perwatakan digambarkan secara singkat
  3. Novel memiliki alur lebih rumit, sedangkan dalam cerpen, akhir ceritanya sederhana.
  4. Dalam novel, latar lebih luas dan waktunya lebih lama, sedangkan dalam cerpen, latar hanya sebentar dan terbatas.
  5. Novel lebih panjang karangannya daripada cerpen, sedangkan cerpen lebih pendek karangannya.
  6. Unsur-unsur cerita dalam novel lebih kompleks dan beragam dibandingkan cerpen, sedangkan unsur cerita dalam cerpen relatif sederhana dan pasti tunggal
  7. Novel biasanya ditulis dalam minimal 100 halaman kuarto, sedangkan cerpen biasanya ditulis maksimal 30 halaman kuarto.
  8. Jumlah kata dalam novel minimal 35.000 kata, sedangkan jumlah kata dalam cerpen maksimal 10.000 kata.
  9. Lama untuk membaca novel kira-kira 30-90 menit, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca cerpen hanya 10 menit (bacaan sekali duduk).
persamaannya :
1. Sama-sama fiksi, pendulum antara realitas dan imajinasi.
2. Sama-sama menggambarkan peristiwa estetik dengan menggunakan media bahasa.
3. Sama-sama menyampaikan pesan moral

perbedaan antra sajak dan puisi
1. Sajak adalah puisi, tetapi tidak sebaliknya. Puisi bisa saja terdapat dalam prosa seperti cerpen, novel, atau esai, sehingga orang sering mengatakan bahwa kalimat-kalimatnya puitis (bersifat puisi). Menurut Putu Arya Tirtawirya, puisi menjadi suatu pengungkapan secara implisit, samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-kata condong pada artinya yang konotatif.
2. Sajak memiliki makna lebih luas. Tidak sekadar hal yang tersirat, tetapi sudah menyangkut materi isi puisi, bahkan sampai pada efek yang ditimbulkan, seperti bunyi. Karenanya, ia terkadang juga dimaknai sebagai bunyi. Pada hakekatnya, ia mengundang kata berasosiasi. Tidak berinterpretasi, bertafsir-tafsir.

7 komentar:

  1. Sejujurnya ane masih belum paham perbedaan novel dan cerpen. Untuk pemilihan kata2 dalam keduanya, adakah perbedaan? Semisal dalam cerpen, haruskah menggunakan kata2 yang menggambarkan suatu latar/keadaan, contoh, "sejauh pandangan mataku, kulihat sebuah ruangan tak terlalu besar, berlatar dasar putih dengan pernak-pernik yang sangat menyayat mata. Terpampang jelas olehku sosok pria berbadan tegap, bla bla blaa...." Haruskah menggunakan kata2 tersebut? Atau tanpa kata2 itupun dapat dikelompokkan ke dalam cerpen/novel? Mohon pencerahannya...

    Oh iya, kalau tulisan saya di blog saya, menurut anda sudah memenuhi syaratkah untuk sebuah cerpen? Mohon masukan dan kritikannya... Terimakasih...

    www.asaakirnafi1453.blogspot.com >> masuk ke kategori cerpen ya

    BalasHapus
  2. suka korea ya ?
    lagunya asik hihi

    BalasHapus
  3. lagi stresss,jadi terhibur ngedenger musik dari beast midnight...hahaha

    BalasHapus
  4. Aduhh...kalau bisa secepatnya. 30.000-35.000 panjang kata sama dengan berapa halaman yahhh????? Secepatnya siapapuj jawab.
    Thanks sebelumnya

    BalasHapus
  5. Aduhh...kalau bisa secepatnya. 30.000-35.000 panjang kata sama dengan berapa halaman yahhh????? Secepatnya siapapuj jawab.
    Thanks sebelumnya

    BalasHapus