PTK
Ø
PTK adl suatu bentuk kajian yang bersifat
reflektif oleh pelaku tindakan.
Ø
Proses PTK adalah :
-
Perencanaan
-
Tindakan
-
Observasi
-
Refleksi
Ø
Tekhnik penyusunan penelitian tindakan kelas:
-
BAB 1 PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG:
·
Masalah berkaitan dg karakter mata peljaran
·
Mslh brkaitan dg faktor internal siswa
·
Mslh berkaitan dg faktor internal guru.
ü
Berangkat dari pemikiran yang lbh luas dg
mngaitkan dg topik penelitian yg relevan menuju ke permasalahn yg spesifik dan
terpusat kpd pokok permasalahan.
ü
Uraian tg SK dlm kurikulum
ü
Apa yg mnjadi harapan
ü
Apa kxtaan yg trjadi
ü
Apa kesenjangan yang dirasakan
ü
Apa yg menyebabkan trjadix kesenjangan
ü
Tindakan apa yg dlakukan u/mngtsi kesenjangan
ü
Apa kekuatan tindakan yg dlakukan
ü
Penelitian terdahulu yg menguatkan penelitian
ü
Pemaparan judul penelitian
2.
RUMUSAN MASALAH
·
Bagaimana perencanaan
·
Bagaimana pelaksanaannya
·
Bagaimana evaluasinya.
3.
TUJUAN PENELITIAN (sjln dg rumusan masalah)
4.
MANFAAT PENELITIAN
·
Manfaat teoritis
·
Manfaat praktis
ü
Bagi siswa
ü
Lembaga pendidikan/ guru
ü
Peneliti.
-
BAB II TINJAUAN PUSTAKA N KERANGKA PIKIR
-
BAB III METODE PENELITIAN
·
Pendekatan dan jenis penelitian
·
Lokasi dan subjek penelitian
·
Data dan sumber data
ü
Data penelitian:
-
Data perencanaan
-
Data pelaksanaan
-
Data evaluasi
ü
Sumber data:
-
Lisan
-
Tertulis
·
Rencana tindakan:
(penelitian direncanakan dlm beberapa siklus)
ü
Gambaran umum siklus I
o
Perencanaan tindakan
o
Pelaksanaan tindakan
o
Observasi
o
Refleksi.
ü
Gbran umum siklus II
(Tindak lanjut dari siklus I)
o
Perencanaan tindakan
o
Pelaksanaan tindakan
o
Observasi
o
Refleksi.
·
Tekhnik pengumpulan data
ü
Tekhnik observasi
ü
‘’ dokumentasi
ü
“ tes
ü
“ angket/ kuisioner
ü
“wawancara
ü
“skala bertingkat
·
Tekhnik analisis data
ü
Menelaah data
Data yg terkumpul melalui observasi dll dklompokkn berdasarkand ata pd
tiap siklus
ü
Reduksi data
Dta keseluruhan yg terkumpul diseleksi dan diindentifikasi berdasarkan
kelompoknya.
ü
Menyajikan data
Penyajian data dg cara mengorganisasi informasi yang telah direduksi.
ü
Menyimpulkan hasil penelitian
·
Kriteria penilaian
Rentang
Nilai
|
Kategori
|
85-100
|
Sangat baik
|
75-84
|
Baik
|
60-74
|
Cukup
|
40-59
|
Kurang
|
0-39
|
Sangat Kurang
|
o
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
·
Hasil penelitian
ü
Deskripsi hasil penelitian data proses
o
Siklus I
o Perencanaan
pembelajaran
o
Pertemuan pertama
o
Pertemuan ke2
o Pelaksanaan
tindakan dan pengamtan pembelajaran
o
Aktivitas guru
o
“ siswa
o Refleksi
pembelajaran
o
Siklus II
o Perencanaan
pembelajaran
o
Pertemuan pertama
o
Pertemuan ke2
o Pelaksanaan
tindakan dan pengamtan pembelajaran
o
Aktivitas guru
o
“ siswa
o Refleksi
pembelajaran
ü
Dsekripsi data penelitian hasil evaluasi
o Deskripsi
hasil penelitian data hasil evaluasi pmbljran SIKLUS I
o Deskripsi
hasil penelitian data hasil evaluasi pmbljran SIKLUS II
·
Pembahasan
o
Pembahasan siklus I
“Bagaimana perencanaan
“bagaimana pelaksanaan
“bagaimana evaluasi
o
Pembahasan siklus I
“Bagaimana perencanaan
“bagaimana pelaksanaan
“bagaimana evaluasi
-
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
·
Simpulan
(uraian hasil analisis data dan pembahasan)
-
Perencanaan
-
Proses pembelajaran
-
Hasil evaluasi pembelajaran.
·
Saran
Bagi :
-
Siswa
-
Guru
-
Peneliti lain
Daftar pustka:
-
Nama,thn,judul.t4 terbit:penerbit
-
Nama.thm.judul artikel.alamat web,tgl akses
Dalam lampiran
-
RPP
-
Materi
-
Perbandingan kinerja guru siklus i dan 2
-
Perbandingan
aktivitas siswa siklus i dan ii
-
Lbr observasi kinerja guru siklus i
-
Lbr observasi kinerja guru siklus ii
-
Perbandingan hasil tes siklus i dan ii
-
Dst yg terkait.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar